Rabu, 22 September 2010

UTS Pertamaku

UJIAN TENGAH SEMESTER

1. Menurut beberapa pendapat, teknologi hanya menyangkut soal pemesinan. Jelaskan pengertian “Teknologi” yang saudara ketahui !

Ø Saettler (1968) mengungkapkan bahwa “teknologi tidak selamanya harus menggunakan mesin, akan tetapi istilah teknologi merujuk pada setiap kegiatan praktis yang menggunakan ilmu/pengetahuan tertentu”

Ø “teknologi merupakan usaha untuk memecahkan masalah manusia [Salisbury, 2002]”

Ø “teknologi itu berkaitan dengan produk dan proses [Romiszowski, 1981:11]”

Menurut pendapat saya “teknologi adalah suatu ilmu yang menggunakan keahlian untuk memecahkan masalah manusia”

2. Jelaskan pengertian “Teknologi Pendidikan”, “Teknologi dalam pendidikan”, “Pendidikan Teknologi” dan “Teknologi Pembelajaran” !

v Teknologi Pendidikan. Menurut Prof. Sutomo & Drs. Sugito, M.Pd.

Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia atau pendidikan.” Maksud dari pernyataan tersebut adalah teknologi pendidikan merupakan sebuah cara untuk mencapai tujuan pendidikan dalam sebuah sistem pendidikan.

v Teknologi dalam Pendidikan Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap kemungkinan sarana (alat) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam pendidikan dan latihan. Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan, berupa media untuk memperlancar kegiatan instruksional dan meningkatan produktivitas pendidikan. Contohnya: Belajar jarak jauh (e-learning) dan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

v Pendidikan Teknologi Pendidikan dalam teknologi diartikan sebagai memanfaatkan penggunaan ilmu atau sejumlah pengetahuan dengan proses belajar. Sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan.

v Teknologi Pembelajaran Definisi AECT 1994 “ Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar.”

Definisi ini berupaya semakin memperkokoh teknologi pembelajaran sebagai suatu bidang dan profesi, yang tentunya perlu didukung oleh landasan teori dan praktek yang kokoh. Definisi ini juga berusaha menyempurnakan wilayah atau kawasan bidang kegiatan dari teknologi pembelajaran. Di samping itu, definisi ini berusaha menekankan pentingnya proses dan produk.

3. Jelaskan apa yang menjadi kebutuhan pembelajaran (learning need) dalam permasalahan pendidikan di Indonesia ?

Kebutuhan Pembelajaran (Learning Need) di Indonesia

· Perlunya meningkatan kualitas pendidikan dengan cara mengatasi masalah belajar pada siswa. Sehingga belajar dianggap sebagai suatu kebutuhan.

· Mengembangkan pembelajaran jarak jauh agar meratanya pendidikan di Indonesia

· Biaya / Anggaran

Faktor biaya membuat sebagian orang tidak mampu untuk sekolah. Oleh karena itu di butuhkan saluran dana dari pemerintah untuk anak-anak yg kurang mampu.

4. Buatlah ringkasan terjemahan yang baru saja sdr buat. Bagaimana alurnya bahwa teknologi pendidikan dapat memecahkan dan memfasilitasi tindakan belajar manusia.

Teknologi diperlukan dalam pemecahan masalah pembelajaran (human learning) hal tersebut membuat teknologi tidak lepas dari pembelajaran dan pendidikan. Sebelum masalah dalam pembelajaran diselesaikan, perlu adanya analisis masalah selanjutnya masalah tersebut diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi.

Teknologi pendidikan memiliki komponen-komponen sebagai berikut : belajar, etika praktek, fasilitas, pembelajaran, peningkatan, kinerja, penciptaan, penggunaan, pengelolaan, penyesuaian, teknologi, proses, dan sumber daya.

5. Jelaskan perkembangan Teknologi Pendidikan berdasarkan apa yang saudara peroleh dari artikel pada jurnal-jurnal teknologi pendidikan (Educational Technology) !

Pada mulanya teknologi pendidikan dipandang sebagai media. Pandangan ini berlanjut hingga sejumlah ahli dalam bidang pendidikan mulai mendiskusiakan teknologi pendidikan dalam suatu yang berbeda. Mereka membahasnya sebagai suatu proses. Seiring semakin majunya teknologi dan zaman, teknologi pendidikan digambarkan bukan hanya sebagai media tapi merupakan sebagai pengendalian proses belajar.

Berdasarkan artikel yang saya baca, media e-learning bukan solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak sekolah. Tapi merupakan sebuah proses yang dapat membantu meningkatkan pendidikan bangsa.

Tidak ada komentar: