Rabu, 26 Oktober 2011

Ada cerita, di birunya laut santolo

mesjid tempat beristirahat di garut

Sebenarnya aku ingin tertawa, karena sebelum'a tak pernah ada perencanaan ikut baksos ke garut bersama kawandku luthfiyah azizah. Namun tiba-tiba saja, jum'at 21 oktober lalu, aku ikut tekhnical meeting di salman ITB. Sempat kebingungan, karena aku bukanlah delegasi atau anggota dari organisasi manapun. Aku hanya "rakyat jelata", ikut-ikutan teman. Lucu sebenarnya, namun jauh dari semua itu. Aku mendapatkan pelajaran yang luarbiza bermanfaat untuk hidup ini yang rasanya flat2 aja.

Jadilah Bermanfaat, dan buatlah mereka tersenyum
.

Sahabat, dunia tak sesempit UPI. Ketika aku berada di luar kampus, hmm.. ruarbiaza aroma persahabatan, kekeluargaan, keilmuan, dan banyak hal yg tidak aku dapatkan di kampus. Bukan ingin mengangung-ngagungkan satupihak, bukan pula membanding-bandingkan. Karena jauh dari sekedar itu, aku mendapatkan manfaat dan hikmah dari semuanya.

Sungguh, dua hari tiga malam disantolo membuatku banyak berfikir tentang hidup. Tentang bersyukur atas nikmat sehat, tentang berbagi dan peduli terhadap sesama. Baksos yang aku ikuti diselenggarakan oleh beberapa organisasi kampus dan luar kampus. Yakni, vol-d
(bagian kesehatan), korsa (relawan), K-ped (gabungan mahasiswa peduli) dan ada 1 lagi tapi lupa *maaftidakdisebutkan-red.

Apoteker? Kader? (^_^)" hmm...

Bingung memang, bagaimana tidak. Mahasiswi di bidang pendidikan, tiba2 harus 180 derajat menangani bagian kesehatan.

Sabtu tanggal 22 oktober 2011 lalu, aku ditempatkan di desa miramareu-garut. Bersama beberapa teman lainnya, kami pergi ke desa itu dengan menggunakan mobil bak, dan truck. Akses jalan kesana cukup jauh, kami melewati perbukitan, sungai, kebun teh, sawah dan pohon2 seperti di film twilight hehe...

Disana sebenarnya tugasku sangat sederhana, mengkader ibu2 dan menjelaskan beberapa hal yang harus mereka lakukan ketika menolong korban istilahnya "pertolongan pertama pada orang sakit".

Namun jauh sebelum waktunya menjelas kan, ada beberpa hal yng ternyata harus aku lakukan. Semua itu diluar dugaan, aku jadi apoteker bow! itu benar2 amazing. Ya bagaimanapun latar belakang kuliahku bukan biologi, apoteker, ataupun dokter. I'm education people, dan yang lebih amazing lagi, yang aku terima langsung resep dokter. Ih wew, gak pernah terpikirkan sebelumnya bakalan ngotak-ngatik obat. But slow down aja sii, soalnya mut gk sendiri. Ada beberapa temen2 yg ahli dibidangnya ngebantuin mut, setidaknya hari itu, mut belajar banyak obat, and masuk-masukin obat. Ada antasida, vit.B compex and setumpuk obat2 lainya yang gak dihapal. hehe...

abis dari miramareu, mut ke pantai santolo lhooo... wah. pokonya asik deh. sampe males nulis and nyeritainnya... hmm..

Yang pasti, mut waktu itu jalan2 di laut bareng luthfiyah azizah, t'sari and t'anis
ini foto-foyonya..


Terimakasih semuanya, hingga aku merasakan indahnya berbagi kebahagiaan bersama mereka masyarakat garut....

Tidak ada komentar: