Kamis, 24 Juni 2010

I'm Offline FB [Part 2]

Kesesokan hari, sekitar pukul 6 pagi ..
Aku tersenyum melihat buku yg kini sedang ku baca, mungkin dari sanalah inspirasi terbesar hingga ku memposting hal ini. Aku membacanya berulang dan kemudian aku garis bawahi. Hal ini yg membuatku semakin kuat untuk menghapus akun Fesbuk.

"iblis adalah sebuah wujud yang dengan izin Allah dapat membuat manusia terjebak dalam keraguan. Maka hembusan keraguan Iblis adalah nikmat dan rahmat. Sebab, setiap orang yang berhasil mencapai tujuannya, berarti dia telah menang dalam mengalahkan keraguan di hatinya dan berjaya dalam jihad terbesar (perang melawan hawa nafsu). Jika tidak ada hembusan keraguan dan jalan dosa, maka jalan ketaatan hanya satu arah saja. Iblis hanya mempunyai wewenang untuk menjadikan orang ragu-ragu."

Di dalam buku tsbt Iblis berkata :
Dengan harta dunia, sekelompok kambing dan sapi dapat memperdaya org2 padang pasir. Dengan makanan2 lezat dan manis, orang yang menyembah perut akan tersesat. Dengan alat musik, aku mampu mempedaya kaum wanita dan para pemuda. Dengan nyanyian dan lagu, aku mampu menyesatkan sebagian lainnya.

Hatiku bergumam, dan dengan fesbuk kau jadikan aku boneka yg lupa akan waktu. Membuatku terus menerus bermain hingga aku tak sadar bahwa waktu online lebih banyak dibandingkan membaca Al-Qur'an dan beribadah lainnya.

Bismillah, aku yakin tak akn pernah menyesal menghapusnya, walau kata kk ku remaja adalah kondisi dimana adanya ketidak stabilan antara emosi dan logika. Biarlah, aku tak akan pernah ragu karena"Hanya orang2 yg mementingkan Allah yg akan dipentingkan oleh Allah..." (Al-Ankabut[29]:69).

Namun kembali setan mengusikku, "Hai mut, untuk apa kau hapus akun fesbukmu ??. Kau masih bisa berdakwah secara online. Kau bisa meng-Update status yg kaya akan hikmah. Banyak sekali ladang amal yg bisa kau gali di internet. Bukakah hal tersebut termasuk mementingkan Allah?? Tak usah dihapus segala, cukup dengan ditutup sementara saja !. Atau menjadwalkan online beberapa jam sekali dalam seminggu."

eiiitzz....... STOP !!(hatiku, melawan.)
Hmm, aku menarik dafas dalam, aku geram dengan diriku sendiri. Ingin ku teriak,"aggh.. HENTIKAN !!" aku tak ingin lagi terlalu terpaut kpd internet, Insya Allah masih banyak orang2 yg bisa membagi waktunya, yang bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya, tidak seperti aku. !! Aku kemudian menasehati diri sendiri dan bertanya,
  • Apakah sudah benar caranya bila memang update statusku selama ini hanya mengingatkan?

  • Apakah yg ku tulis benar2 mengharap ridha Allah semata?

  • Apakah semua orang perlu tau aktifitasmu? Apa tujuanmu?

Jauh dilubuk hati, aku berkata. Memang susah mencari amalan baik di internet apalagi jika iman sedang rapuh. Mata hati dan pikiran bisa jadi korban makanan empuk setan, karena bisa jadi setan mepedaya kita dengan fatamorgananya sehingga sesuatu yg buruk terlihat baik. Karena bisa jadi selama ini aku hanya berharap pujian serta keinginan untuk diberi jempol atau ucapan "Like this saja". Karena bisa jadi, terselip sombong dan rasa berbangga hati.Dan bisa jadi semua ini terlihat nikmat padahal mudharat. [Astagfirullahaladzim..]

Namun bukan berarti dengan menutup akun fesbuk aku terhindar dari kejaran setan. Ini hanya sebagian caraku, agar setan tidak terlalu sering bersamaku. Aggh, hus-Hus pergi kau jauh dariku. !!Allah dalam Al-Qur'an berfirman : "Barang siapa yg lupa mengingat Allah, maka setan akan menyesatkannya, sehingga dia akan selalu bersama setan."(Qs. Az-Zukhruf:36)

Bismillahirahmanirrahim, Insya Allah tekad mut udah bulat. Mut akan offline untuk selama-lamanya pada Hari Jum'at tgl 25 Juni 2010.


Tiada maksud apa2 dari catatan yg tergores ini, semua tulisan ini hanya kegundahan hati. Semua rangkaian kata ini milik Allah. Takan pernah tercipta dan takan pernah tertulis jika tanpa seizin-Nya. Takan pernah tercipta jika bukan ilmu dari-Nya.Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membacanya. Semoga dapat di ambil ilmu dan kebaikan yg terdapat didalamnya.

Semoga mut bisa mengisi waktu mut dengan hal yg lebih bermanfa'at
Terimakasih kepada semua teman2 di dunia maya, ma'af jika atas sifat, akhlaq dan laku diri mut pernah melukai. Sungguh semua khilaf bersumber dari hamba sebagai makhluk.
Wassalamualaikum wr.wb.

THE AND

Tidak ada komentar: